Selasa, 01 April 2008

Permasalan Bimbingan karir kelas 3 SMP

Sub tugas perkembangan: Mengenal kemampuan bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni .
SK: Memahami pengaruh kemampuan bakat dan minat terhadap karir.
Topik: Identifikasi pengaruh kemampuan, bakat, minat sendiri terhadap pilihan karir.
Permasalahan: Kelas 3 SMP merasa bingung ketika ingin melanjutakan sekolah. Apakah ia akan melanjutkan sekolah ke SMA atau ke SMK?
Bimbingan: Kasus diatas sering dialami oleh siswa kelas 3 SMP. Biasanya mereka belum matang dalam menentukan pilihan. Tak banyak dari mereka yang mengikuti pilihan teman- temannya dengan alasan tidak percaya diri ataupun tidak mau berbeda sekolah dengan teman dekatnya. Pemikiran yang demikian bukanlah solusi yang tepat untuk menentukan pilihan. Jika kita ingin memutuskan suatu masalah yang tidak dilandasi oleh rasa percaya diri hasilnyapun tidak akan memuaskan. Seorang siswa harus mengetahui bakat yang dimilikinya sehingga ia bisa menentukan karirnya dengan tepat.
Solusi: Sebagai seorang guru kita harus mampu mengarahkan siswa agar memilih sekolah yang benar yang dapat mengembangkan bakatnya. Misalkan siswa ingin menjadi pendidik sebaiknya ia melanjutkan sekolahnya ke SMA tetapi jika ia ingin menjadi pengusaha, sebaiknya ia melanjutkan sekolahnya keSMK. Siswa juga tidak boleh putus asa dan tidak boleh coba-coba dalam mengambil keputusan karena ini berhubungan dengan karirnya dimasa depan. Selain itu, siswa juga diwajibkan untuk berusaha dan berdoa agar tidak terjerumus dalam pilihan yang salah.

Tidak ada komentar: